MAHAMERU MULTIMEDIA CENTER

Search This Blog

Saturday, July 5, 2014

TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB BURSA KERJA KHUSUS - MAHAMERU



 Bursa Kerja Khusus (BKK)
Melaksanakan Program BKK secara representatif dan holistik baik dalam merespon peluang/permintaan tenaga kerja bahkan mengirimkan/merekomendasikan kandidat / calon karyawan dengan tetap mengedepankan aspek profesionalitas kerja mengacu pada tuntutan kebutuhan dan kualifikasi yang menjadi prasyarat kerja di lingkungan DUDI yang semakin selektif dan kompetitif
Di bawah supervisi Kabag. Humas dan Pemasaran, merealisasikan program sosialisasi korelasinya dengan out put peserta didik dan secara simultan daya serap pasar kerja mengenai tingkat kualitas dan kapabilitas kerja secara praktis di DUDI.
Spesifikasi Tugas yang dilakukan oleh Bursa Kerja Khusus adalah:
a.    Melakukan pendaftaran dan/mendata pencari tenaga kerja baik dari warga alumni maupun peserta didik di lingkungan lembaga.
b.    Melakukan penawaran kerjasama mengenai kebutuhan dan tuntutan  persediaan tenaga kerja di DUDI secara periodik.
c.    Mendaftar dan melakukan inventarisir mengenai informasi lowongan / peluang kerja/kesempatan kerja yang bisa diterima di DUDI.
d.   Melakukan investigasi ke DUDI untuk konfirmasi kemungkinan adanya peluang/kebutuhan tenaga kerja/proses rekruitmen.
e.    Melakukan pengirimanpemyaluran dan bahkan penempatan tenaga kerja mengacu pada tuntutan dan kebutuhan kualifikasi DUDI yang membutuhkan
f.     Mengadakan verifikasi sebagai bentuk tindak lanjut dari pengiriman dan penempatan yang telah dilakukan sesuai dengan kesepakatan di awal.
g.    Mengadakan kerja sama dengan institusi yang berkompeten dalam program On The Job Trainning  (OJT) terhadap calon kandidat yang nantinya akan direkomendasikan ke DUDI.
h.    Melakukan pendataan terhadap warga belajar/peserta didik dan bahkan warga alumni yang telah terikat kerja dengan DUDI secara periodik
i.      Menjalin kerjasama dengan “Ikatan Warga Alumi LPK LEMBAGA PENDIDIKAN ISTIBANK” dalam rangka pantauan daya serap pasar sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan urgenitas kerja di lingkungan kerja DUDI.
j.      Sewaktu-waktu siap diperbantukan dalam Program Pemasaran baik dalam tataran Individual maupun Team Work.
Wewenang dan tanggung jawab yang melekat pada unit Bursa Kerja Khusus adalah:
a.    Menentukan bentuk dan jenis penawaran kerjasama dengan DUDI mengenai BKK.
b.    Mengusulkan agenda temu alumni yang sudah sukses/bekerja dengan peserta didik yang masih aktif.
c.    Mengadakan penyaluran dan penempatan tenaga kerja sesuai dengan tuntutan kualifikasi DUDI.
d.   Menentukan calon karyawan yang direkomendasikan lembaga untuk memenuhi kebutuhan DUDI.
e.    Bertanggung-jawab atas pelaksanaan dan jalannya program BKK.
f.     Bertanggungjawab atas permintaan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi DUDI.
g.    Bertanggung-jawab atas pengadaan/pengiriman/rekomendasi tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan DUDI.
h.    Bertanggung-jawab atas kapabilitas calon karyawan/tenaga kerja yang nantinya akan diikutsertakan dalam mekanisme rekruitmen ke DUDI.

No comments:

Post a Comment