MAHAMERU MULTIMEDIA CENTER

Search This Blog

Saturday, July 5, 2014

BUDIDAYA SEMUT RANGRANG / ANGKRANG


asslamualaikum... hewan satu ini menjadi primadona dikalangan peternak burung berkicau, bagaimana tidak hampir kebanyakan burung berkicau berkualitas bagus diberi asupan protein dari anakan dan telur semut angkrang.. ini sebutan di daerah saya karanganyar seperti itu... hampir setiap hari ada saja masyarakat yang mencari semut dipohon-pohon sekitar rumah kebetulan masih alam jadi menjadi target incaran beberapa orang untuk mencari peruntungan disitu.
dalam beberapa bulan terakhir ini semut angkrang semakin mahal dari segi harga jual. hal ini dipicu oleh semakin berkurangnya dan semakin gencarnya  aktifitas perburuan semut angkrang. yang sebenarnya ketika berlogika semut angkrang menjadi salah satu siklus keseimbangan ekosistim alam untuk mencegah berbagai macam hewan pengganggu. yah.... mungkin inilah hidup masyarakat semakin tidak terlalu berfikir demikian.
nah kita kembali ke topik.....
Semut angkrang sebenarnya sangat mudah dalam pemeliharaan, namun jangan salah dalam budidaya semut angkrang segi keuntungan memang sangat besar namun intinya kadang kita terpropokasi kalo semut angkrang tinggal ditaruh baskom ditutup kasih makan selesai.... ya... tidak begtu juga.
habitat hidup hewan ini adalah alam liar yang memiliki kebutuhan akan kondisi yang sesuai dengan kondisi tersebut ketika diinginkan hasil yang baik.
 
1. Sekarang dalam pemilihan bibit, pilih bibit yang memang telah dikarantina dalam tempat yang telah kita sediakan. kalo memang dari alam sediakan tempat karantina di luar ruangan yang terpapar sinar matahari langsung, buat rak yang didesain dengan baik buat sementara 1 rak dahulu.
 
 2. sediakan ranting ranting /cabang-cabang pohon sebagai tempat untuk berjalan-jalan dan mencari makan. (usahakan ranting yang dipakai kering dan sudah tua. jangan terlalu besar. dapt dipilih diantaranya ranting pohon waru, mangga, rambutan, dan pohon-pohon yang disukai angkrang).

3. Makanan Makanan semut sangat beragam, namun dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok besar, yaitu protein dan gula. Tidak seperti semut lain, semut jenis ini lebih menyukai protein daripada gula. Protein dapat ditemukan pada daging, ikan, ayam, tikus dan serangga.serangga disini paling mudah adalah membeli ulat hongkong yang berwarna kuning atau hitam itu loh....
namun jangan salah, untuk memberi kombinasi makanan sediakan juga seperti ulat" daun, cacing, larva, kupu, laron, semua hewan alam yang bisa anda tangkap (ingat intinya adalah asupan makanan yang diterima oleh semut berpengaruh terhadap kualitas telur dan anakan)
Selain butuh protein, semut rangrang memerlukan makanan tambahan berupa gula. Untuk mendapatkan gula, semut rangrang lebih suka mencari cadangan gula seperti embun madu (yang dikeluarkan oleh serangga pengisap cairan tanaman) atau nektar. Embun madu tersebut diperlukan sebagai energi tambahan pada periode awal pembangunan sarang. madu dapat diganti dengan gula namun sesekali silahkan anda siapkan madu untuk konsumsi semut rang-rang untuk menjaga kualitas telur dan anakan nantinya.

4. tempat tinggal ... dalam memilih tempat tinggal dpat kita membeli toples kira-kira seukuran 12-15 cm/ toples kue jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. karena berfungsi menjaga kelembaban ruangan semut, beri beberapa lubang untuk sirkulasi 
   5. kesehatan. dalam hal kesehatan angkarang dapat anda berikan semprotan air biasa 2 x sehari dan taru ditempat yang agak terik.

ketika mungkin anda akan berfikir ketika saya membeli mungkin bulan depan saya bisa memanen. pertanyaannya hanya satu berapa jumlah bibit yang anda miliki. biasanya telur yang sudah ada akan anda kembangkan untuk menjadi prajurit-prajurit baru. dan menambah koloni. usahakan dalam setiap pembelian anda memiliki cukup ratu dan raja dalam penghasil telur dan jangan sampai mati. kalau mati maka resiko terbesar adalah koloni angkrang akan pindah tempat dan tidak akan berkembang.
rak yang anda bangun pun diusahakan dari kayu jangan dari besi.....
dan dibagian bawah beri baskom seukuran 12 cm dimasing-masing kaki untuk menjaga agar semut tidak lari dari tempatnya.
bagaimana dengan cuaca.. usahakan semut angrang mendapat paparan cahaya matahari, namun terlindung pula dari hujan.
layaknya anda memiliki belahan hati yang akan anda jaga sebaik mungkin.
selalu cek kondisi ratu dan lingkungan sekitar agar tidak berdebu, dan memiliki aroma yang menggangu angkrang itu sendiri, hindarkan pula dari hewan peliharaan anda. terimakasih mungkin itu pengalaman saya dalam belajar bagaimana budidaya angrang yang baik (menurut versi saya) semoga sukses.. wassalam


No comments:

Post a Comment